MY MENU

News

News

Title
FLASH: Di Luar Dugaan, Cadev November Naik Jadi US$ 145,9 Miliar
Author
Abinawa Putri
Date Created
12/07/2021
Attachment0
Views
390
Content

Di luar dugaan, ketika banyak ekonom memperkirakan cadangan devisa RI akan menyusut kembali pada November, namun, Bank Indonesia (BI) mencatat, cadangan devisa per akhir bulan lalu bertambah sekitar US$ 400 Juta menjadi US$ 145,9 miliar. 

Erwin Haryono, Direktur Executive Bank Indonesia, dalam pernyatan resminya mengatakan, peningkatan cadangan devisa tersebut antara lain dipengaruhi oleh penerimaan pajak dan jasa serta penarikan pinjaman luar negeri pemerintah. 

Posisi cadangan devisa tersebut, lanjut dia, setara dengan pembiayaan 8,3 bulan impor atau 8,1 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah. Cadangan devisa tersebut berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor. 

Bank Indonesia menilai cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan.

"Ke depan, Bank Indonesia memandang cadangan devisa tetap memadai, didukung oleh stabilitas dan prospek ekonomi yang terjaga, seiring dengan berbagai respons kebijakan dalam mendorong pemulihan ekonomi," ujar Erwin.

Copy URL

Select the entire URL below to copy.

Edit Comment

Enter your password to edit the post.

Delete CommentDelete Post

Enter your password to delete the post.

Customer Service 150350 (Indonesia) Support