MY MENU

News

News

Judul
Sentuh US$ 147/Ton, Harga Batu Bara Rekor Lagi!
Penulis
CNBC Indonesia
Tanggal Diciptakan
07/16/2021
Lampiran0
Views
362
Konten
Harga batu bara naik lagi. Ini membuat harga si batu hitam semakin tinggi dan kembali mencatatkan rekor.

Kemarin, harga batu bara di pasar ICE Newcastle (Australia) tercatat US$ 147,1/ton. Melonjak 1,94% dari posisi hari sebelumnya.

Reli harga batu bara belum berhenti. Dalam sepekan terakhir, harga komoditas ini melonjak 10,16% secara point-to-point. Selama sebulan ke belakang, kenaikan harganya mencapai 24,83%. Luar biasa...

Kenaikan permintaan masih menjadi tema di pasar batu bara dunia. Tidak hanya di Asia, permintaan di Eropa pun melesat.

Saat ini belahan bumi bagian utara (northern hemisphere) sedang menjalani musim panas. Kebutuhan penggunaan penyejuk ruangan meningkat, yang membutuhkan lebih banyak listrik. Permintaanbatu bara sebagai sumber energi primer pembangkit listrik ikut naik.

Di Jerman, pembangkitan listrik oleh pembangkit batu bara pada pekan lalu mencapai 5.127 MWh, naik 9% dari pekan sebelumnya. Dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, kenaikannya mencapai 115%.

Selain itu, kendala pasokan juga membuat harga batu bara 'terbang'. Afrika Selatan, salah satu eksportir batu bara terbesar dunia, sedang dilanda kisruh sosial politik.

Negeri Bafana Bafana mengalami krisis setelah mantan presiden Jacob Zuma divonis 15 bulan penjara. Zuma divonis terbukti bersalah menghina pengadilan.

Massa pro-Zuma tidak terima. Demonstran melakukan penjaran dan pembakaran, yang menewaskan puluhan orang

Peristiwa ini membuat jalur kereta ke pelabuhan Richard Bay Coal Terminal (RBCT) ditutup. Padahal jalur ini baru beberapa hari dibuka setelah sebelumnya berhenti beroperasi karena anjlok.

Afrika Selatan adalah salah satu pemasok utama batu bara di pasar dunia. Pada 2019, ekspor batu bara Afrika Selatan adalah 81 juta ton, terbanyak kelima di dunia. Jadi gangguan pasokan dari sana akan cukup berpengaruh di pasar.

Salin URL

Pilih semua URL dibawah untuk disalin

Edit komentar

Masukkan kata sandi untuk mengedit postingan

Hapus komentarHapus postingan

Masukkan kata sandi untuk menghapus postiingan

Customer Service 150350 (Indonesia) Support

PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)