MY MENU

News

News

Judul
FLASH: Kinerja Positif WSKT Berlanjut, Laba Q3 Tembus Rp 252 M
Penulis
Abinawa Putri
Tanggal Diciptakan
11/22/2021
Lampiran0
Views
171
Konten

PT Waskita Karya Tbk (WSKT) melanjutkan kinerja positif di sepanjang Januari-September 2021. Berdasarkan laporan keuangan, emiten konstruksi pelat merah ini mencatatkan laba bersih sebesar Rp 252,71 miliar.

Kondisi ini berbalik dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang merugi hingga Rp 2,64 triliun. Laba bersih WSKT terus menanjak, dibandingkan dengan periode Januari-Juni 2021, cuan waskita melesat 64%.

Penurunan sejumlah beban mampu mengompensasi penurunan pendapatan perseroan di 9 bulan pertama tahun ini. Pendapatan perseroan turun dari Rp 11,74 triliun menjadi Rp 7,12 trilun. Namun, beban penjualan perseroan mengmpis dari Rp 31,23 miliar menjadi Rp 27,39 miliar. 

Beban keuangan perseroan juga menipis Rp 2,95 triliun menjadi Rp 2,59 triliun. Kerugian entitas asosiasi dan ventura bersama juga berkurang dari Rp 250,87 miliar menjadi Rp 212,71 miliar. 

Tidak hanya penurunan sejumlah beban, laba bersih WSKT juga terdongkrak pendapatan lain-lain bersih yang angkanya cukup tinggi, yakni mencapai Rp 733,18 miliar per akhir September 2021, lebih tinggi dari Rp 513,00 miliar pada September tahun lalu. 

Direktur Utama Waskita Karya Destiawan Soewardjono, dalam keteragangan resmi yang dikutip Kontan, mengatakan, perseroan akan berupaya untuk menjaga kesehatan keuangannya dengan mengurangi kerugian secara signifikan dibandingkan pada periode tahun 2020.

Beberapa perkembangan dari implementasi 8 Stream Penyehatan Keuangan Waskita yang telah dicapai setelah periode pelaporan September 2021. Pertama, transaksi divestasi untuk ruas Tol Cibitung - Cilincing dengan proceed sebesar Rp 2,44 triliun atau setara dengan 1,96 price to book value (PBV) dan berpotensi mengurangi utang melalui dekonsolidasian hingga Rp 5,82 triliun.

Kedua, penandatanganan perjanjian kredit sindikasi dengan Penjaminan Pemerintah sebesar Rp 8,08 triliun yang akan digunakan untuk penyelesaian proyek penugasan pemerintah dalam rangka program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

"Kedua pencapaian ini akan berdampak positif dengan peningkatan likuiditas dan perbaikan kinerja keuangan perusahaan hingga kuartal IV 2021," jelasnya.

Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Waskita Karya Taufik Hendra Kusuma menambahkan, saat ini pemerintah juga sedang melakukan harmonisasi Rancangan Peraturan Presiden (RPP) atas Penyertaan Modal Negara (PMN) yang diberikan kepada WSKT. Penerbitan PP PMN ini diperkirakan terlaksana di akhir November 2021.

Ia berharap rangkaian pelaksanaan aksi korporasi rights issue ini rampung sebelum penutupan tahun 2021. Selanjutnya di tahun 2022, perusahaan akan fokus pada penyelesaian proyek dan peningkatan nilai kontrak baru.

Dari sisi kontrak baru, hingga September perusahaan telah memperoleh nilai kontrak baru sebesar Rp 12,01 triliun atau sebanding dengan 79,44% nilai kontrak baru sebelum pandemi Covid-19. 

Pada periode Juli-September 2021, Waskita Karya mengantongi kontrak baru sebesar Rp 8,89 triliun atau meningkat sebesar 94,3% yoy. Perseroan menargetkan kontrak baru bisa mencapai Rp 20,68 triliun pada akhir tahun nanti. WSKToptimistis target tersebut bisa dicapai seiring dengan likuiditas dan struktur biaya operasional yang membaik.

Proses negosiasi antara Lembaga Pengelola Investasi atau Indonesia Investment Authority (INA) dan WSKT terkait divestasi empat ruas tol bakal segera rampung. INA bakal menempatkan investasi di ruas tol milik tersebut dengan nilai mencapai USS$ 3,75 miliar atau Rp 53 triliun lebih.

"Itu sudah sampai pembicaraan terakhir," kata juru bicara INA Masyita Cyrstallin saat bertemu sejumlah media di Jakarta, tulis Tempo.co Jumat 19 November 2021.

Dana investasi untuk jalan tol ini berasal dari tiga lembaga investasi yang sudah menetapkan modal di INA. Masing-masing menempatkan investasi US$ 1 miliar sehingga totalnya US$ 3 miliar, yang merupakan thematic fund atau investasi yang hanya mengalir ke jenis aset tertentu.

Salin URL

Pilih semua URL dibawah untuk disalin

Edit komentar

Masukkan kata sandi untuk mengedit postingan

Hapus komentarHapus postingan

Masukkan kata sandi untuk menghapus postiingan

Customer Service 150350 (Indonesia) Support

PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)